Kamis, 23 Desember 2010

Orang Indonesia & Orang Prancis, Indonesia dari Sisi Netral


Melihat sampulnya yang unik dan menggugah hati, membuat saya nekat curi-curi waktu untuk membaca buku ini.

Buku kumpulan surat, dokumen dan catatan perjalanan orang-orang prancis dari abad XVI sampai XX ini dirangkum dalam sebuah buku berjudul "Orang Indonesia dan Orang Prancis" hasil karya seorang doktor sejarah dan geografi lulusan Universitas Sorbonne, Paris, bernama Bernard Dorleans.

Buku yang mencantumkan pengantar singkat dari Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Renaud Vignal ini, dimulai dari sebuah cerita catatan perjalanan seorang saudagar kapal ternama Prancis bernama Jean Ango di pulau Sumatera.

Buku ini terbebas dari sudut pandang resmi atau pandangan kolonial belanda sehingga membuat buku ini tertulis apa adanya dan tak dibuat-buat.

Seperti contoh dalam bab 1 berjudul "Perjalanan Pertama Orang Prancis ke Hindia-Timur" disitu tertulis bagaimana perawakan orang melayu dan sikapnya yang "...berubah-ubah, penjilat, pengolok-olok, licik, pembohong, judes, sombong, loba dan merupakan pedagang yg lebih menyebalkan dr org skotland".

Disini kita bisa melihat bagaimana lucunya tingkah polah orang-orang jaman dulu, dan beberapa kisah sukses yang patut dicontoh



maaf gak bisa lanjutin lagi, tulisan ini bikin saya jadi ingat dengan tugas resensi novel saya yang belum rampung !! -_____-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar