Jumat, 29 Oktober 2010

Nikah kok dipaksa

Percaya nggak lo masih ada praktek kawin paksa di zaman kayak gini ?

kalo gue sih percaya, di sinetron aja suka ada...

X : "Ma, aku mau sama si Bejo aja"

Y : "nggak ! nggak bisa ! mama sudah jodohin kamu sama anaknya Dokter Harun yang ganteng itu !"

X : "tapi aku nggak cinta !"

Y : "nggak mau tau, kamu harus sama dia !"

nah... itu juga termasuk kawin paksa.

secara harfiah, kawin paksa itu adalah kawin yang dipaksakan...nikah yang dipaksakan deh biar tidak menimbulkan kesalahan tafsiran...

kalo jaman sebelum kemerdekaan, maklum aja sih gue kalo misalnya masih banyak praktek kawin paksa. soalnya wanita masih terkekang buat ngeluarin pendapatnya, istilahnya yaa manut aja deh sama semua perkataan orang tua.

kalo sekarang ? gue nggak habis pikir, kenapa mereka nggak ngeberontak aja pas disuruh kawin paksa ?

nah, lama-lama gue tau kenapa mereka nurut ketika dipaksa...

ini semua buat ngebahagiain orang tua.........

mereka nggak berani ngelawan karena takut di cap sebagai anak yang durhaka. kalo masalahnya udah kayak gini sih, gue udah nggak bisa ngomong apa-apa lagi.

"kita dari janin aja udah nyusahin ortu, ngelahirin kita aja sampe bikin ibu kita kesakitan, belom lagi perbuatan kita pas udah hidup didunia sekian tahun. Masa ortu cuma minta kita nikah, walaupun sama orang yang nggak kita mau, kok kamu nolak ? ortu cuma minta itu, tapi jika kamu minta sesuatu, pasti ortu kamu bakal kasih...." ujar pembantu gue yang sekarang udah nikah sama orang pilihan keluarganya dikampung

tapi ini kasus yang berbeda lho, ini soal masa depan kita nanti. Kita bakal menghabiskan sisa umur kita bersama orang yang TIDAK KITA CINTAI. itu bakal bikin kita menderita ? ujung-ujungnya ortu kita juga yang bakal uring-uringan buat ngehibur kita.

tapi kan kalo soal cinta nanti juga bakal tumbuh secara tiba-tiba ?

nggak ada yang jamin nanti akhirnya bakal jatuh cinta sama orang yang di pilihin itu. percaya sama gue. Karena cinta tidak tumbuh dari dalam. Dia hanya mau menerima kenyataan. Hanya karena tenggang rasa dengan bapak mamanya makanya cinta itu dipaksakan lahir.

dan kadang, orang tua itu dengan egoisnya memaksa anaknya menikah dengan orang yang tidak dia hendaki karena faktor ekonomi. contoh, buat ngebayar hutang misalnya. kok tega ya ada orang tua yang kayak gitu ? kalo misalnya mereka meminta tolong anaknya buat ngebantu ngebayar hutang kan bisa ? nggak perlu mesti di nikahin paksa.

mengutip kata Kamilia Latifah sang Pecundang ulung :

"Kawin paksa adalah pelanggaran HAM, dimana sang pengantin tidak diberikan kesempatan untuk menjelaskan alasan untuk menolak, dan pihak keluarga tidak ada yang mau mendengar pendapatnya.... terdengar agak otoriter, bukannya ini negara demokratis ya ? atau cuma sebatas ideologi yang diterapkan HANYA dibidang politik saja ? kehidupan demokratis bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari ! MAKANYA KALO LAGI PELAJARAN PKN DIPERHATIIN DONG GURUNYA ! JANGAN MALAH MAENAN TWITTER MULU, MIL..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar